PENDIS KEMENAG MATENG
Selamat datang di blog Seksi Pendidikan Islam Media Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mamuju Tengah
Home » , » Pertemuan Pengawas Madrasah/ PAI dalam Rangka Program Induksi Guru Pemula Madrasah (PIGPM) Tahun 2020.

Pertemuan Pengawas Madrasah/ PAI dalam Rangka Program Induksi Guru Pemula Madrasah (PIGPM) Tahun 2020.

Written By Pendis Mateng on 24 Agustus 2020 | Senin, Agustus 24, 2020

 

Pengawas Madrasah/PAI Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mamuju Tengah, melakukan Pertemuan pada hari Selasa, 25 Agustus 2020 di ruang aula Madrasah Aliyah Darul Istiqamah Topoyo. Pertemuan yang berlangsung alot dihadiri sejumlah Pengawas Madrasah dan PAI dipandu Ketua Pokjawas Madrasah Amri Usa, S.Ag, dibantu oleh Muh. Jusuf, S.Ag, Ibu Sulaeha dan Ibu Suharni Abdullah.

Dalam pertemuan tersebut hadir juga beberapa Kepala Madrasah Tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah serta Guru dan pembimbing PIGPM.

Menurut Amri Usa, S.Ag, rapat ini merupakan sosialisasi Ketua Pokjawas kepada Pengawas dan Guru Madrasah tentang program induksi guru pemula. Hal ini sangat penting karena pengawas memiliki wewenang untuk terlibat dalam program induksi guru pemula tersebut.

Merujuk kepada Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 5792 tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Program Induksi Guru Pemula Madrasah bahwa tujuan program ini antarala lain: membantu guru pemula agar memiliki kompetensi Agama Islam sebagai guru madrasah, untuk memiliki kemampuan membaca dan menulis Al-Quran, melaksanakan ibadah harian, memahami dasar-dasar moderasi beragama, dan lain-lain.

Inti sosialisasi Pengawas kepada Guru Madrasah agar sedini mungkin menyusun program induksi guru pemula dan mulai melakukan identifikasi calon peserta pada madrasah binaan.  Daftar seluruh guru binaan setiap madrasah akan dilanjutkan kepada yang berwenang untuk menentukan daftar guru pemula yang dipilih untuk mengikuti program induksi guru. Pelaksanaan Program Induksi pada madrasah masing-masing, siap dua orang guru pembimbing dengan tidak mengganggu jadwal pembelajaran pada madrasah tersebut. Termasuk Kepala madrasah dan Pengawas memiliki andil demi kesuksesan program tersebut.


Program ini sebagai upaya berbenah diri, meningkatkan kualitas guru di madrasah, kualitas mutu pendidikan yang dikelola oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Karena itu semua pihak yang terkait dengan program ini harus sama-sama merapatkan barisan demi nama baik institusi, khususnya Kementerian Agama Republik Indonesia. Untuk itu Amri Usa menekankan agar semua pengawas membaca dan mendalami petunjuk teknis program Induksi Guru Pemula Madrasah. Tahapan ini sosialisasi pengawas yang selanjutnya pengawas merencanakan pelaksanaan sosialisasi ke madrasah binaan, demikian Ketua Pokjawas mengunci pemaparannya. 

Share this article :

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi

Jumlah Pengunjung

STATISTIK MADRASAH

Progress Pend. Madrasah

Lulusan TP 2019/2020 :
– MA=288, MTS=509, MI=171, RA=198

Lulusan TP 2018/2019 :
– MA=285, MTs=508, MI=123, RA=177

uu
uu
cuti
uu
uu
 
Support : powered by Blogger
Copyright © 2019. Pendis Mateng