PENDIS KEMENAG MATENG
Selamat datang di blog Seksi Pendidikan Islam Media Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mamuju Tengah
Home » » KI dan KD Kurikulum 2013 Semua Jenjang Untuk Kondisi Khusus

KI dan KD Kurikulum 2013 Semua Jenjang Untuk Kondisi Khusus

Written By Pendis Mateng on 09 Agustus 2020 | Minggu, Agustus 09, 2020

Pelaksanaan pembelajaran pada SD/MI, SDLB, SMP/MTs, SMPLB, SMA/SMK/MA/MAK, SMALB dilakukan dengan pendekatan pembelajaran sebagai yang berdiri sendiri.

Kompetensi inti pada kurikulum 2013 merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas. Kompetensi dasar merupakan kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti.

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu :

  1. Kompetensi sikap spiritual
  2. Sikap sosial
  3. Pengetahuan, dan
  4. Keterampilan. 
Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakulikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual, yaitu "menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya". Adapun rumusan kompetensi sikap sosial, yaitu "Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Saat ini kompetensi inti dan kompetensi dasar di sederhanakan untuk kondisi khusus. Untuk KI dan KD Kurikulum 2013 Semua Jenjang Untuk Kondisi Khusus 

------------------------------------DOWNLOAD DISINI ----------------------------------

Share this article :

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi

Jumlah Pengunjung

STATISTIK MADRASAH

Progress Pend. Madrasah

Lulusan TP 2019/2020 :
– MA=288, MTS=509, MI=171, RA=198

Lulusan TP 2018/2019 :
– MA=285, MTs=508, MI=123, RA=177

uu
uu
cuti
uu
uu
 
Support : powered by Blogger
Copyright © 2019. Pendis Mateng